ETIKA

 Etika

 

   Assalamualaikum wr.wb. Saya Widya Fitriadi Nugraha, dan saya sangat senang Anda berkunjung ke blog saya. Di postingan kali ini, mari kita bersama-sama mempelajari  etika  sesuatu yang sering didengar namun dalam kehidupan bermasyarakat namun masih sering diabaikan!.

~ Apa itu Etika,Moral,Hukum ?

    ketika mendengar kata etika yang tertanam di otak saya adalah cara bagaimana kita menyikapi suatu keadaan dalam tatanan masyarakat demi menjaga keadaan tersebut tetap terjaga baik.  sehingga etika erat hubungannya dengan kebiasaan dan adat juga pendapat orang lain . namun secara bahasa etika berasal dari 2 bahasa yunani ethos yang berarti "kebiasaan atau adat" sedangkan yang kedua artinya "perasaan batin atau kecenderungan batin yang mendorong manusia dalam perilakunya".
    
    Moral adalah keyakinan pribadi seseorang tentang benar dan salah sedangkan istilah etika menggambarkan standar atau kode perilaku yang diharapkan seseorang oleh sebuah kelompok (negara,organisasi,profesi). dmana seseorang berada (George Reynolds,2014).

    Hukum adalah sistem peraturan yang memebri tahu kita apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan. Hukum ditegakkan oleh satu set institusi (polisi,penetigadilan,badan pembuat undang undang) (George Reynolds,2014).

~ Perbedaan Etika dan Etiket ?

    Etika menyangkut cara dilakukannya suatu perbuatatan sekaligus norma dari perbuatan itu sendiri sedangkan etiket hanya berlaku ketika dalam situasi dimana kita tidak seoarang diri . contoh dari etika adalah ketika kita membunuh orang yang sedang mencuri . meskipun kita bermaksud untuk mencegah terjadinya pencurian , tapi tetap membunuh itu salah jadi hal ini melanggar etika. sedangkan etiket adalah ketika kita kentut sembarangan jika itu berada di sekitar oerang lain maka itu adalah pelanggaran etiket sedangkan jika di tempat yang tidak ada orang lain maka hal tidak melanggar etiket.

~ Bagian bagian dari etika ?

  • Etika Umum yaitu membahas moral dasar 
  • Etika Khusus yakni menerapkan prinsip prinsip dasar pada bidang kehidupan manusia etika khusus terdapat yakni.
    • Etika individual menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri. 
    • Etika sosial yakni mengenai sikap kewajiban serta pola perilaku manusia sebagai anggota masyarakat didalamnya terdapat lagi seperti etika sesama,keluarga,profesi ,politik,masyarakat,ideologi 
     tapi untuk saat ini kita akan lebih berfokus dalam etika profesi di dalam etika profesi juga terdapat pembagian lagi tergantung dari bidang yang ditekuninya.

~ Jadi apa itu profesi dan profesional apakah perbedaanya?

    profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melakukannya membutuhkan keahlian tertentu . salah satu contoh profesi adalah seorang programmer . namun apa itu seorang profesional? . profesional adalah sebutan bagi seseorang yang sudah expert pada bidang profesi dan sudah tersertifikasi kemampuannya oleh suatu lembaga . 

~ Etika profesi?

    kode Etik profesi adalah suatu system norma nilai dan aturan profesional yang tertulis untuk menyatakan apa yang baik dan benar dan kebalikannya bagi profesional. tujuan dari kode etik adalah memberikan pelayanan sebaik baiknya . konsep umum dari tindakan yang memberikan pelayanan sebaik baiknya disebut Etika Profesi. 

~ Apa fungsi dari Etika profesi?

        funsgi dari etika profesi adalah sebagai pedoman dan juga pengontrol seorang profesional sehingga dapat melindungi dan membangun kepercayaan client.

~ Kesimpulan?

      Menurut saya pada pertemuan pertama etika profesi ,membuat saya mengerti cara menjadi seorang profesional dan bagaimana menjadi seorang profesional . menjadi seoraang profesional tidak hanya dinilai dari skill , agar bisa menjadi profesional juga di perlukan sertifikasi dan juga memiliki etika bak seorang profesional sesuai bidangnya.     
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url