Analisi Pelanggaran hak paten dalam kasus Perendaman v. Sony

 Perendaman v. Sony


    Assalamualaikum wr.wb pada kali ini saya Widya berkesempatan untuk menceritakan menganalisis keronologis dari pelnggaran hak paten sony terhadap immersion atas fungsi getar pada controller mereka. bukanhanya sony namun microsoft juga ikut tersandung dalam masalah ini


~Apa yang sebenarnya dilakukan sony?

    Sony khususnya sony playstation merupakan salah satu produsen console game terbesar saat ini. sony melakukan dugaan pelanggaran hak paten setelah mengeluarkan controller yang memiliki fungsi getar. nah masalah ini di laporkan ke pihak hukum oleh immersion corp.


~Lalu bagaimana ini bisa terjadi?

kemungkinan Sony melanggar hak paten Immersion karena kelalaian. Sony mungkin tidak menyadari bahwa teknologi getaran yang mereka gunakan dalam pengontrol PlayStation telah dipatenkan oleh Immersion. Sony juga mungkin tidak melakukan pemeriksaan paten yang menyeluruh sebelum menggunakan teknologi getaran. Pemeriksaan paten yang menyeluruh akan mengungkapkan bahwa teknologi getaran yang digunakan dalam pengontrol PlayStation telah dipatenkan oleh Immersion.

~Bagaimana Kasus  Perendaman v. Sony dan bagaimana hasilnya?

    Kasus ini dimulai pada tahun 2002, ketika Immersion mengajukan gugatan terhadap Sony di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Utara California. Immersion menuduh Sony melanggar dua patennya, yaitu Paten AS 6.424.333 dan Paten AS 6.275.213. Paten-paten ini mencakup teknologi getaran yang digunakan dalam pengontrol PlayStation DualShock.

    Pada tahun 2004, juri di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Utara California memutuskan bahwa Sony melanggar hak paten Immersion. Juri menganugerahkan Immersion ganti rugi sebesar $82 juta. Sony mengajukan banding atas putusan tersebut, tetapi pada tahun 2007, Pengadilan Banding Federal untuk Sirkuit Federal menguatkan putusan tersebut.

    Sony akhirnya membayar ganti rugi kepada Immersion sebesar $90,7 juta. Kasus ini dianggap sebagai kemenangan besar bagi Immersion dan merupakan salah satu kasus paten paling signifikan dalam industri game.

~Solusi Yang Dapat Dilakukan?

  • Lakukan peninjauan paten secara menyeluruh sebelum menggunakan teknologi yang dikembangkan  orang lain.. Pemeriksaan paten akan mengungkap apakah teknologi tersebut telah dipatenkan oleh orang lain.
  • Konsultasikan dengan pengacara paten jika Anda mempunyai pertanyaan tentang paten. Seorang pengacara paten dapat membantu Anda memahami hukum paten dan menghindari pelanggaran.. 



    Next Post Previous Post
    No Comment
    Add Comment
    comment url